Adaptasi Budaya Pada Mahasiswa Asing Di Indonesia (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Asing Di Kota Bandung)

Tinka Fakhriana

Abstract


Studying overseas is not something new and bizarre anymore because of the easy access. Indonesia is one of the country who gave easy access for foreign students to study in their country. Tons of foreign students accross the country proves that. The foreign students who chose to study in Indonesia, for sure will have to do cultural adaptation and intercultural communication with Indonesian people. The purposes of this research are to know the strategy foreign students use to deal with cultural adaptation and the strategy they use in order to achieve an effective intercultural communication while studying in Indonesia. The method of this research is phenomenology with interview and observation as the technique to get datas. The results of this research are foreign students use different strategy to adapt with Indonesian cultures, such as increasing tolerance, have a strong will and self concept, also with connecting with Indonesian people. Other than that, foreign students also have different principles they hold in order to reach effective intercultural communication, such as to be open, to be positive, to give good respond, and to be active.

Belajar keluar negeri bukanlah suatu hal yang baru atau asing di masa sekarang. Indonesia merupakan salah satu negara yang memberikan kemudahan bagi pelajar asing yang ingin melakukan studi di Indonesia. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya jumlah mahasiswa asing di Indonesia, menyebar diseluruh universitas di Indonesia. Para mahasiswa asing yang memilih untuk melakukan studi di Indonesia sudah pasti akan mengalami proses adaptasi budaya dan berkomunikasi antarbudaya dengan masyarakat lokal Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu strategi adaptasi budaya dan strategi yang digunakan mahasiswa asing untuk mencapai komunikasi antarbudaya yang efektif selama menjalani studi di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini digunakan teori adaptasi budaya dan teori komunikasi antarbudaya. Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa asing yang melakukan studi di Indonesia memiliki strategi masing-masing dalam menghadapi proses adaptasi budaya, antara lain dengan meningkatkan rasa toleransi, memiliki konsep diri dan diri, serta menjalin koneksi dengan masyarakat Indonesia. Selain itu mahasiswa asing di Indonesia pun memiliki beberapa prinsip yang dipegang sebagai strategi untuk mencapai komunikasi antarbudaya yang efektif. Prinsip-prinsip tersebut antara lain adalah keterbukaan, sikap positif, respon yang baik, dan berperan aktif.


Keywords


Cultural Adaptation, Intercultural Communication, Foreign Student

References


Buku

Creswell, John W. Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Di Antara Lima Pendekatan Edisi Ke-3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (2015).

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Pranada Media Grup.

Darmastuti, Dini. (2013). Mindfullness dalam Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: Buku Litera.

Joyce L. Hocker & William W.Wilmot, 1985. Interpersonal Conflict. Dubuque, Iowa: Wm. C. Brown Publisher

Koentjaraningrat. (2002). Pengantar Ilmu Antropologi (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Liliweri, Alo. (2003). Dasar-Dasar Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Martin, Judith N. dan Thomas K. Nakayama.(2003). Intercultural Communication in Contexts (3rded.). New York: McGraw-Hill.

Purwasito, Andrik. (2015). Komunikasi Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ridwan, Aang. (2016). Komunikasi Antarbudaya: Mengubah Persepsi dan Sikap dalam Meningkatkan Kreativitas Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Ristekdikti.(2017). Tampilan Siaran Pers Ristekdikti No. 41/SP/HM/BKKP/V/2017. Diambil dari:ristekdikti.go.id. (Akses: 2 Oktober 2017).

Ruben, D. Brant & Stewart, P. Lea. (2006). Communication and Human Behavior Fifth Edition. USA:Pearson Education Inc.

Ruben, D.Brant & Stewart P.Lea. (2014). Komunikasi dan Perilaku Manusia Edisi Kelima. Penerjemah Ibnu Hamad. Jakarta:Rajawali Pers

Samovar, L. A, Porter, R. E, & McDaniel, E. R. (2009). Intercultural Communication: A Reader (International Student ed.). Boston: Wadsworth.

Samovar, Larry A. & Richard E. Porter, 2014. Komunikasi Lintas Budaya Communication Between Culture. Jakarta:Salemba Humanika

Setiadi, E. M, Hakam, K. A, & Effendi, Ridwan. (2006). Ilmu Sosial & Budaya Dasar (2thed). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoelhi, Mohammad. (2015). Komunikasi Lintas Budaya Dalam Dinamika Komunikasi Internasional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Widyosiswoyo, Supartono. (1996). Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Skripsi

Putri, Sarah Chairiyah (2016). “Adaptasi Interaksi Lintas Budaya Exchange Participant Bandung pada Global Citizen Program AIESEC (Studi Fenomenologi pada Sawasdee Project AIESEC Local Committee Chulalongkorn University of Thailand 2015)”. Perpustakaan Online Universitas Telkom. (openlibrary.telkomuniversity.ac.id)

Mustarika, Rizki (2014). Komunikasi Antar Budaya Mahasiswa Papua (Studi Fenomenologi tentang Adaptasi Budaya Mahasiswa Papua dengan Masyarakat Sunda di kota Bandung). Perpustakaan Online Universitas Telkom. (openlibrary.telkomuniversity.ac.id)

Jurnal

Mumpuni, Restu Ayu (2015). Memahami Adaptasi Budaya pada Pelajar Indonesia yang Sedang Belajar di Luar Negeri. Diakses melalui (Digilib.undip.ac.id)

Devinta, Marshellena (2015). Fenomena Culture Shock (Gegar Budaya) Pada Mahasiswa Perantauan Di Yogyakarta. Diakses melalui (Digilib.uny.ac.id)




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v4i1.173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright