Evaluasi Kemudahan Pengguna Media Informasi Linktree Pengumuman_D3ADBIS bagi Mahasiswa D3 Administrasi Bisnis Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya

Lintang Edityastono, Danti Nurleili, Sovia Rosalin

Abstract


Digital media is utilized by educational institutions in supporting the process of delivering information to make it faster, easier, and more Accurate. One of the digital information media provided by the D3 Business Administration Study Program, Faculty of Vocational Studies, Universitas Brawijaya in supporting the delivery of information is Linktree. With the Linktree information media, it is easier for students to get more detailed information. On the other hand, the existence of digital information media can allows the students access information more easily anywhere and anytime. This research was conducted using descriptive methods, with data collection in the form of questionnaires and observations. The results of this study resulted in an evaluation of the views of students as a consideration in developing Linktree digital information media for D3 Business Administration.

Abstrak

Media digital yang dimanfaatkan oleh institusi pendidikan dalam mendukung proses penyampaian informasi agar lebih cepat, mudah, dan akurat. Salah satu media informasi digital yang disediakan oleh Program Studi D3 Administrasi Bisnis Fakultas Vokasi universitas Brawijaya dalam menunjang penyampaian informasi adalah Linktree. Dengan adanya media informasi Linktree memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan sebuah informasi yang lebih detail. Disisi lain dengan adanya media informasi digital dapat memudahkan mahasiswa untuk mengakses informasi dimana saja dan kapan saja. Pada penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif, dengan pengumpulan data berupa kuesioner dan observasi. Adapun hasil dari penelitian ini menghasilkan evaluasi dari pandangan mahasiswa sebagai pertimbangan dalam pegembangan media informasi digital Linktree bagi D3 Adminsitrasi Bisnis

Keywords


Evaluasi, Media Informasi Digital, Kebergunaan.

References


Adyati Rahmasari, E., & Yogananti, A. F. (2021). KAJIAN USABILITY APLIKASI CANVA (STUDI KASUS PENGGUNA MAHASISWA DESAIN). Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(1), 165–178. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa

Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. In Jurnal Pendidikan Islam Indonesia (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76

Amarin, S., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Aplikasi Berrybenka di Kota Bandung). Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(1), 37–52. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i1.6001

Emzir. (2012). Analisis data metodologi penelitian kualitatif. In jakarta: Rajagrafindo.

Fryonanda, H., & Ahmad, T. (2017). Analisis Website Perguruan Tinggi Berdasarkan Keinginan Search Engine Menggunakan Automated Software Testing GTmetrix. Analisis Website Perguruan Tinggi Berdasarkan, 4(2), 179–183.

Huda, M. (2018). EVALUASI USABILITY WEBSITE STIE PUTRA BANGSA SEBAGAI MEDIA INFORMASI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 6(2), 9–19. http://stieputrabangsa.ac.id/

Jordan, P. (1998). An Introduction to Usability. Taylor & Francis Group.

Kurniati, Munir, M., Hamidah, L., & Rizky, A. S. (2020). Monitoring dan Evaluasi Humas Pemerintah dalam Penggunaan Media Sosial untuk Memerangi Hoaks. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(1), 78–95. http://jurnal.unpad.ac.id/manajemen-komunikasi/article/view/27616/pdf

Nielsen, J. (2012). Usability 101: Introduction to Usability. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 49(4), 41. https://doi.org/10.2307/1251430

Pawirosumarto, S. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, VI(3), 416–433. https://doi.org/10.22441/jurnal_mix

Rusmila. (2018). Evaliasi Website dengan Menggunakan System Usability Scale (SUS) pada Perguruan Tinggi Swasta di Palembang. Jurnal Sistem Informasi, 02(1), 108–121.

Setiawanta, Y., & Oktafiyani, M. (2020). Evaluasi Kualitas Sistem, Informasi dan Layanan Website Perguruan Tinggi sebagai Media Informasi Pemangku Kepentingan. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 27(2), 135–144. https://www.unisbank.ac.id/ojs;

Yumarlin MZ. (2016). Evaluasi Penggunaan Website Universitas Janabadra Dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Informasi Interaktif, 1(1), 34–43. http://www.e-journal.janabadra.ac.id/index.php/informasiinteraktif/article/view/345




DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v8i1.904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher STARKI @copyright