Pelayanan Administrasi Kependudukan Kelurahan Jakasetia Kota Bekasi (Studi Ciri Pelayanan Prima)

Selfiana Selfiana, Nadia Azuma

Abstract


Kelurahan Jakasetia merupakan salah satu lembaga pemerintahan yang menyediakan pelayanan jasa kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelayanan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Jakasetia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, dan observasi. Ciri pelayanan prima meliputi efektifitas, efisiensi, sederhana, kejelasan dan kepastian, keterbukaan, ketepatan waktu, responsif, adaptif. Hasil dari penelitian ini adalah ada 30 orang pengguna layanan (60%) menyatakan bahwa pelayanan sudah efektif dan efisien, 50 orang (100%) pengguna layanan menyatakan bahwa pelayanan sudah sesuai dengan prosedur/tata cara layanan, 50 orang (100%) menyatakan memberikan pelayanan secara terbuka mengenai waktu, biaya, dan persyaratan penyelesaian dokumen. 30 orang (60%) pengguna layanan menyatakan bahwa pelayanan sudah tepat waktu, 45 orang (90%) menyatakan bahwa pelayanan sudah responsif, 30 orang (60%) pengguna layanan menyatakan bahwa sudah sesuai dengan keinginan mereka.

References


Ahmad, B. (2018). Pelayanan Publik Teori dan Praktik. Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Barata, A. A. (2019). Dasar-dasar Pelayanan Prima. PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Frimayasa, A., & Kamal, F. (2017). Penerapan Pelayanan Prima Untuk Memenuhi Harapan Masyarakat Terhadap Layanan Publik Pada Kelurahan Makasar, Jakarta Timur. XVII(2), 179–188.

Hadad, H. M. Y., Cikusin, Y., & Suyeno. (2021). Evaluasi Kualitas Pelayanan Prima Dalam Administrasi Kependudukan (Studi pada Kantor Kelurahan Tabam Kecamatan Ternate Utara Kota Ternate). 15(8), 6–11.

Marlindawaty. (2020). Kualitas Pelayanan Administratif Publik Di Kelurahan Sepinggan Raya Kota Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi, 11(September 2020). http://jurnal.fem.uniba-bpn.ac.id/index.php/geoekonomi/article/view/124

Moyu, E. E., & Soesiantoro, A. (2021). Analisis Penerapan Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus pada Kantor Kelurahan Nginden Jangkung, Surabaya). Penelitian Administrasi Publik, 1(1), 68–78.

Nugroho, M., & Halik, A. (2016). Penerapan Standar Pelayanan Publik Pada Kelurahan di Wilayah Kota Kediri. JHP17 Jurnal Hasil Penelitian LPPM UUntag Surabaya, 1(2), 251–266.

Priansa, D. J. (2020). Manajemen Pelayanan Prima. ALFABETA.

Setiawati, R., & Aji, P. S. T. (2020). Implementasi Sapta Pesona Sebagai Upaya Dalam Memberikan Pelayanan Prima Pada Wisatawan Di Desa Wisata Pentingsari. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 2(2). https://doi.org/10.7454/jabt.v2i2.98




DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v7i1.730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher STARKI @copyright