Pencarian Arsip Menggunakan Sistem Informasi Temu Arsip Tiga Detik (Si Tatik) pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi Nusa Tenggara Barat

Henni Comala Hikmi, Anom Ismail, Nia Lestari

Abstract


Pencarian arsip atau yang biasa disebut temu balik arsip secara manual menggunakan buku daftar Arsip, memiliki beberapa kekurangan yaitu fisik buku Daftar Arsip yang tebal tentu akan menyulitkan untuk dibawa. Daftar Pencarian Arsip yang selanjutnya disingkat DPA adalah daftarberisi arsip yang memiliki nilai guna kesejarahan baik yang telah diverifikasi secara langsung maupun tidak langsung oleh lembagakearsipan dan dicari oleh lembaga kearsipan serta diumumkan kepada publik..Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur kerja sistem informasi temu arsip tiga detik (Si TATIK) pada pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi NTB. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelitian deskriptif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan sistem informasi temu arsip tiga detik (Si TATIK) pada pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi NTB sangat bermanfaat dimana penataan arsip yang rapi dan tertib (dilengkapi dengan alamat penyimpanan setiap berkas arsip).

Keywords


Pencariaan Arsip, Sistem Informasi

References


Abdul Kadir. 2014. Pengenalan sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Amirudin. 2019. Si TATIK (Sistem Temu Arsip Tiga Detik). Mataram

Anastasia Diana, Lilis Setiawati. 2011. Sistem Informasi Akuntansi Perancangan,Prosedur dan Penerapan. Edisi . Yogyakarta:

Andi Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Arikunto, Suharsimi 2014. Prosedur Penelitian . Jakarta: PT. Rineka Cipta

Ardoni & Rusdiwati. (2014). Sistem Penyimpanan dan Prosedur Temu Kembali Arsip Dinamis Aktif di Kantor Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 2(2), 22-32.

Azhar Susanto, (2013), Sistem Informasi Akuntansi, Struktur Pengandalian Resiko-Pengembangan, Edisi Perdana, Bandung: Lingga Jaya. Hutahean,

Azhar, Susanto. 2017. Sistem Informasi Akuntansi. Cetakan pertama. Lingga Jaya.

Djahir, Yulia dan Dewi Pratita. 2015. Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish

Indrahti, S & Ramanda, R. S.. (2015). Analisis Pengelolaan Arsip Inaktif terhadap Temu Kembali Arsip di Pusat Arsip (Record Center) Politeknik Negeri Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(3), 211-220.

Jeperson. 2015. Sistem Informasi, Yogyakarta: Deepublish. Mujilan, 2012. Sistem Informasi Akuntansi Edisi. Madiun: WIMA pers.

Jeperson, 2015. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Ketiga,Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen.

Muhidin, Dkk. (2016). Manajemen Kearsipan Untuk Organisasi Publik, Bisnis, politik, dan Kemasyarakatan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Mustika, R., dkk. (2018). Pengelolaan Arsip di Detik Sumatera Selatan. Jurnal Iqra’, 12(01), 83-98.

Nur N. S., Dkk (2017). Penerapan Sistem Kearsipan Elektronik sebagai Determinan terhadap Produktivitas Kerja Pegawai. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 148156.

Pratama, A. & W. Latif, F. (2015). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Arsip Elektronik (EArsip) Berbasis Microsoft Access pada PT.Hi-Tst.Jurnal Akuntansi,Ekonomi danManajemen Bisnis, 3(1), 21-31.

Romney, Marshal B. dan Steinbart, (2015), “Sistem Informasi Akuntansi”, Edisi 3, alihbahasa:Kikin Sakinah Nur Safira dan Novita Puspasari , Jakarta: Salemba Empat.

Sugiarto, Agus dan Teguh Wahyono. 2015. Manajemen Kearsipan Modern dari Konvensional Ke Basis Komputer. Yogyakarta: Gava Media

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sulhan, Najib. 2011

Tagbotor, D. P., Adzido, R. Y. N., & Agbanu, P. G. (2015). Analysis of Records Management and Organizational Performance. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences, 5(2), 1-16.

Undang undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.




DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v6i2.663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher STARKI @copyright