Penanganan Perjalanan Dinas Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)

Melati Gusmira Anis, Selfiana Selfiana

Abstract


Sekretaris merupakan suatu profesi yang sangat penting dan selalu diperlukan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Salah satu tugas sekretaris adalah melakukan persiapan perjalanan dinas pimpinan yaitu mengatur jadwal perjalanan dinas dengan baik dan sesuai dengan prosedur perusahaan, mempersiapkan dokumen perjalanan dinas hingga memesan transportasi dan akomodasi. Mempersiapkan transportasi dan akomodasi untuk perjalanan dinas ke luar negeri biasanya menggunakan jasa agen perjalanan karena lebih mudah dan efisien. Dokumen yang dipersiapkan sekretaris untuk perjalanan dinas luar negeri yaitu surat perintah perjalanan dinas (SPPD), paspor, visa, berkas MoU, tiket pesawat dan surat undangan. Sedangkan dokumen yang dipersiapkan untuk perjalanan dinas dalam negeri yaitu SPPD dan tiket pesawat. Setelah pimpinan melakukan perjalanan dinas sekretaris membantu untuk membuat laporan hasil perjalanan dinas dan laporan keuangan.

Keywords


sekretaris; perjalanan dinas; jadwal; dokumen

References


Amir, H. (n.d.). Pelaksanaan Perjalanan Dinas di Perusahaan Swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 30–34.

Bosco, D. A. (2010). Handbook of Modern Secretary.

Dewi, D. P., & Lestari, C. I. (2016). Peran Sekretaris Dalam Menangani Perjalanan Dinas Pimpinan Pada PT Dwi Anugerah Abadi. Jurnal Sekretaris, 3(1), (75-82).

Gaol, J. L. (2015). Keandalan dan Sukses Sekretaris Perusahaan dan Organisasi (I).

Hartati, T. (n.d.). Prosedur Perjalanan Dinas Dalam Negeri dan Luar Negeri Pegawai Pada Perusahaan. 131–138.

Mujiaty, Y., & Nurjanah, S. (2018). Peran Sekretaris Dalam Mengatur Segala Persiapan Perjalanan Bisnis Pimpinan Pada Cv. Putera Pratama. Journal Akrab Juara, 3(3), 41–49.

Ningrum, A. G., & Ambarwati, M. F. (2015). Optimalisasi Administrasi Perjalanan Dinas. Administrasi Dan Kesekretarian Artes LIberalis, 7(1).

Nurasih, L., & Rahayu, S. (2014). Manajemen Sekretaris Itu Gampang Secara Otodidak. Dunia Cerdas.

Priansa, D. J. (2014). Kesekretarisan: Profesional, Berkompeten, Cerdas, Terampil, Dan Melayani. Alfabeta.

Sedianingsih, Mustikawati, & Soetanto. (2010). Teori dan Praktik Administrasi Kesekretariatan.

Susanti, N., Susanti, I. D., Janah, Y., Putri, A., & Tenri, D. (2021). Pelaksanaan Prosedur Perjalanan Dinas Bagi Pegawai PT . ASABRI ( Persero ) Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 28–32.

Wati, N. L., & Selfiana. (2016). Menangani Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pimpinan Branch Human Resource Manager PT Indofood Consumer Branded Product Sukses Makmur Tbk - Cibitung. Jurnal Administrasi Kantor Bina Insani, 4(1), (153-171). http://www.ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAKBI/article/view/19




DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v6i2.631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher STARKI @copyright