Peran HRD Coordinator Menangani Penyelenggaraan Rapat Di Merapi Merbabu Hotels & Resorts Bekasi

Kristiana Widiawati, Vonny Gunawan

Abstract


Abstract: Meeting activities are to coordinate and make decisions made in each company. Meetings can be held by supervisor and coworkers. A company has several types of meetings based on the period of time, namely weekly meetings, monthly meetings, semester meetings, and annual meetings. The aim of this research is to find out in detail the meeting held at Merapi Merbabu Hotels and Resorts Bekasi. The method used is to make observations, interviews and literature study with descriptive qualitative analysis. At the implementation stage, the HRD Coord and organizers also act as the reporter and decision maker. In the follow-up stage, it is an activity of tidying up the meeting room, completing reports or minutes of meetings, distributing and filing minutes of meetings. HRD Coord at Merapi Merbabu Hotel Bekasi implements their activities except tidying up rooms because that is the responsibility of the banquet division. Meeting reports from meetings are stored in soft copy in the company's electronic folder.

Keywords: meeting, preparation, implementation, meeting minutes.


Abstrak: Kegiatan rapat adalah untuk berkoordinasi dan pengambilan keputusan yang dilakukan di setiap perusahaan. Rapat bisa dilakukan oleh atasan dan rekan kerja. Suatu perusahaan memiliki beberapa jenis rapat berdasarkan jangka waktunya, yaitu rapat mingguan, rapat bulanan, rapat semesteran, dan rapat tahunan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui secara detail penyelenggaraan rapat di Merapi Merbabu Hotels dan Resorts Bekasi. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara serta studi pustaka dengan analisa kualitatif deskriptif. Pada tahap implementasi, HRD Coord dan penyelenggara juga bertindak sebagai notulis dan pengambil keputusan. Pada tahap tindak lanjut, merupakan kegiatan merapikan ruang pertemuan, serta menyelesaikan laporan atau risalah rapat, mendistribusikan, dan pengarsipan risalah rapat. HRD Coord di Merapi Merbabu Hotel Bekasi mengimplementasikan kegiatan mereka kecuali merapikan kamar karena itu adalah tanggung jawab divisi banquet. Laporan rapat dari pertemuan disimpan dalam bentuk soft copy di folder elektronik perusahaan.

Kata Kunci : rapat, persiapan, pelaksanaan, risalah.

Keywords


rapat; persiapan; pelaksanaan; risalah

References


Don Bosco, Asekma. 2010. Handbook of Modern Secretary, Panduan Sukses Sekretaris dalam Dunia Kerja Modern. Jakarta: PPM.

Junaedi, Edi dan Apriliyanti Ika. 2016 Peran Sekretaris Direktur Pt Toyota Motor Manufacturing Indonesia Dalam Mengelola Rapat Berbasis Sistem Teknologi Informasi Head Office – Jakarta. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang. Vol 3 (2) hal 3.

Nuraida, Ida. 2014. Manajemen Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: PT Kanisius.

Priansa, Donni Juni. 2014. Kesekretarisan. Bandung: CV Alfabeta.

Putri Restu Rahma dkk, 2019 Tugas Sekretaris Dalam Menyiapkan Rapat Pimpinan Pada Divisi Msdm Pt. Inti Bandung. Jurnal Adminsitrasi dan Kesekretarisan ISSN 2598-2451. Vol 4 (2) hal 152

Sedarmayanti. 2009. Dasar-dasar Pengetahuan tentang Manajemen Perkantoran. Bandung: CV Mandar Maju.

Susatyo Herlambang, Bambang Heru Marwoto. 2014. Manajemen Kesekretarisan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Suprapto H. 2017. Metodologi Penelitian untuk Karya Ilmiah. Yogyakarta(ID): GOSYEN.

Tersiana A. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta.

Wijana, I Made dan Andora, Peranan Sekretaris Dalam Menyelenggarakan Rapat Di Sekretariat Dprd Kota Tangerang Selatan. Jurnal Sekretaris Vol 3 (1) hal 74.




DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v6i1.520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher STARKI @copyright