Flipped Classroom For Tarakanita Secretarial School

Gabriella Novianty Soedjarwo

Abstract


Tahun akademik 2019/2020, sebagian besar mahasiswi yang kuliah di STIKS Tarakanitaberada di usia sekitar 19-21 tahun. Pada usia tersebut, mereka telah diperkenalkan pada gawai dankemajuan tenologi yang begitu luar biasa. mereka biasa disebut Generasi-Z. Hal ini mempengaruhisistem pendidikan yang dirancang sedemikian rupa sehingga Generasi-Z merasa nyaman belajar.Sistem flipped classroom dikembangkan untuk mengakomodasi para siswa yang terikat denganinternet dan gawai. Dengan mengaplikasikan flippedclassroom, para siswa diharapkan menggunakangawai dan fasilitas internet untuk mengunduh materi sehingga pelajaran di kelas berfokus pada diskusi.Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana flipped classroomdiaplikasikan di STARKIdengan melihat kurikulum, tujuan sekolah vokasi, dan teori flipped classroom. Selain itu, tulisan inijuga bertujuan untuk melihat kemungkinan STARKI mengaplikasikan flippedclassroomuntuk matakuliah lain dan apa saja tantantangan serta kendala dalam pengaplikasian flipped classroom di STARKI.

Keywords


Flipped classroom, sekolah vokasi, Tarakanita

Full Text:

PDF

References


Ary, Donald, Lucy Cheser Jacobs, and Chris Sorensen. 2010. Introduction to Research in Education 8th Edition. Wadsworth: Cengage Learning.

Bergman, Jon and Aaron Sams. 2014. The Flipped Classroom. Commissionerate of School Education Vol. 17 No. 3 pp.24-27.

Chiu, Chih-Hung and Hsiao-Fen Liu. 2017. Action Study of Flipped Learning in a Special Classroom in A Vocational High School. Proceeding of ISER 74th International Conference, Osaka, Japan pp. 66-70.

Fulton, K. 2012. Upside down and inside out: Flip your classroom to improve student learning. Learning & Leading with Technology. June/ July 2012.

Naber, Jessica and Daniel Best. 2016. Is a Flipped Classroom an Effective Educational Method to Meet Nursing Students Learning Needs?Madridge Journal of Nursing Vol. 1 pp.7-10.

Zainuddin, Zamzami. 2017. First-Year College Students’ Experiences in the EFL Flipped Classroom: A Case Study in Indonesia. International Journal of Instruction Vol. 10 No. 1 pp. 133-150.

The Glossary of Education Reform.https://www.edglossary.org/21st-century-skills/. Accessed in January 8th 2020.




DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v5i1.297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher STARKI @copyright