EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENGETIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL DI SEKOLAH TINGGI ILMU KOMUNIKASI DAN SEKRETARI TARAKANITA JAKARTA

Petrus Dwi Ananto Pamungkas

Abstract


Mengetik adalah salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh seorang sekretaris. Beberapa dokumen yang dapat dihasilkan dari kegiatan mengetik yaitu surat, naskah, memo, dan sebagainya. Mengetik dokumen secara cepat dan benar merupakan tantangan bagi seorang sekretaris, termasuk mahasiswa STIKS Tarakanita.  Melalui metode Drill diharapkan mahasiswa STIKS Tarakanita mampu menghasilkan dokumen secara cepat dan benar. Kecepatan dan ketelitian menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Jumlah hentakan per menit (hpm) dan juga jumlah salah yang dihasilkan menjadi dasar dalam pengukuran kecepatan dan ketelitian. Berdasarkan RPS matakuliah Keyboarding I dapat dilihat bahwa target kompetensi dasar yang akan dicapai adalah pengetikan cepat dan teliti dengan tingkat pencapaian kecepatan dan ketelitian sebesar 250 hentakan per menit (hpm) dengan tingkat ketelitian 90%. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas untuk matakuliah Keyboarding I melalui metode Drill dapat diketahui bahwa ada peningkatan kecepatan mengetik pada mahasiswa semester satu atau gasal angkatan 2018 – 2019 sebesar 6% dan ternyata mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita angkatan 2018-2019 pada semester satu atau gasal dapat melebihi target kecepatan 250 hpm, yaitu sebesar 642 sampai 900 hpm, atau mengalami kenaikan sebesar 156,8% sampai 260%, dengan tingkat ketelitian melebihi 90%, yaitu sebesar 98% untuk ketelitian pengetikan kata dan 96% untuk ketelitian pengetikan huruf.


Keywords


kegiatan mengetik; metode Drill; kecepatan dan ketelitian

References


Alie, M. (2003). Mengetik Manual. Yogyakarta: Kanisius.

Ayres, R. U., & Martinas, K. (2005). On the Reappraisal of Microeconomics: Economic Growth and Change in a Material World. Massachusetts: Edward Elgar Publishing.

David, Y. D., & Sternberg, R. J. (2004). Motivation, emotion, and cognition: integrative perspectives on intellectual development and functioning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Dayanti, R. W. (2014). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Ketelitian (Concientiousness) dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Paud di Medan. Jurnal Pendidikan Dan Kepegawaian, 2(2).

Djadjadisastra, Y. (1982). Metode-Metode Mengajar. Bandung: Angkasa.

Djanewar, S. (1994). Mengetik SMK (Jilid 1). Bandung: Penerbit Armico.

Feist, J., & Feist, G. J. (2006). Theories of Personality (6th Editio). New York: McGraw-Hill.

Hamalik, O. (2001). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hiriyappa, B. (2009). Organizational Behaviour. New Delhi: New Age International Publishers.

Hudoyono, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Matematika. Malang: UM Press.

Irianto, J. (2001). Prinsip-prinsip Dasar Manajemen Pelatihan : Dari Analisis Kebutuhan sabagai Evaluasi. Surabaya: Insan Gudilica.

Karat, C., Halverson, C., Horn, D., & Karat, J. (1999). Patterns of entry and correction in large vocabulary continuous speech recognition systems. CHI 1999, 568–575.

Lubbe, E., Monteith, J., & Mentz, E. (2006). The Relationship Between Keyboarding Skills and Self-Regulated Learning. South African Journal of Education, 26(2), 281–293.

Marimin, S., & Kuswantoro, A. (2012). Keyboarding dengan Sistem 10 Jari. Semarang: Unnes Press.

Mariskha. Z; Esya Alhadi; dan Titi Andriyani. (2016). Penerapan Program Typing Master Dalam Meningkatkan Kecepatan dan Ketelitian Pengetikan 10 Jari Buta. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 16, 52–64.

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution. (1995). Dikdaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Paat, J., & Dkk. (1982). Belajar Mengetik Metode Modern. Jakarta: Pradnya Paramita.

Pasaribu, & Simandjuntak, B. (1986). Pendidikan dan Pembangunan Masyarakat Desa. Bandung: Tarsito.

Pervin, A. L., & Oliver, P. J. (2004). Psikologi Kepribadian: Teori dan Penelitian (Edisi 9). Jakarta: Kencana.

Rianggoro, K. (2003). Marilah Belajar Mengetik. Semarang: CV Aneka Ilmu.

Roestiyah, N. K. (1985). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Shalahuddin, & Mahfudh, dkk. (1987). Metodologi Pendidikan Agama. Surabaya: PT Bina Ilmu.

Sudjana, N. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindi Offset.

Supardi. (2013). Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Winarno, S. (2007). Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Wiriaatmaja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen (Edisi 7). Bandung: PT Remaja Rosdaka.

Yusuf, T., & Anwar, S. (1997). Metode Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zuhairini, dkk. (1983). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.




DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v4i1.214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher STARKI @copyright