Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Serang

Daryoto Daryoto

Abstract


This research was conducted to find out and understand between leadership and motivation on employee performance. The study was conducted at the Transportation Service Office of Serang Regency, Banten Province. The research method is carried out using the survey method. With the number of respondents played 30 people. Data collection techniques are carried out using field studies and literature studies. There are also data analysis techniques using multiple regression coefficients and F tests and tests for research hypotheses, while the results of this study are variables that have a joint and significant influence on leadership and positive and significant appropriateness on the performance of employees at the Serang District Transportation Office of Banten Province as evidenced by the F-statistic value 1.058 < F-table value 2,845. The magnitude of the multiple coefficient of determination R2 = 0.73  which is indicated by the variable performance and motivation 26%, the Government of Serang Regency must be able to develop good service.

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan memahami pengaruh antara kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai. Penelitian dilakukan di Dinas Perhubungan Kabupaten Serang Propinsi Banten. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei. Dengan jumlah responden berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan studi lapangan dan studi kepustakaan. Adapapun teknik analisis data dengan menggunakan koefisien regresi linier berganda dan  uji F dan uji t untuk menguji hipotesis penelitian, adapun hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh variable secara bersama-sama menunjukan bahwa kepemimpinan dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Serang Propinsi Banten yang dibuktikan oleh nilai F-statistik 1.058 < nilai F-tabel 2,845. Besarnya nilai koefisien determinasi berganda R2 = 0.73 menunjukkan besarnya perubahan kinerja pegawai sedangkan variable kepemimpinan dan motivasi bernilai 26% sehingga Pemerintah Kabupaten Serang harus mampu mempertahankan agar pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan dengan baik.


Keywords


leadership, motivation and performance

References


Atmaja, J. 2018. kualitas pelayanan dan kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis (Vol. 2).

Ghozali I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Robbins, Stephen. P.2007 Perilaku Organisasi Jilid I dan II Penerbit PT Gunung Agung, Jakarta.

Simamora. Hendry 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ke-3. STIE YKPN. Yogyakarta.

Sugiyono. 2008. Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Ketujuh. CV Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Edisi Enam, CV. Alfabeta, Bandung.

Utomo, K. P. (2016. Kepemimpinan Dan Kompensasi Pada Kinerja Pegawai (Studi Kasus PT Indonesia Marine Transportation Jakarta), 4 ( Vol 2).




DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v3i2.162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher STARKI @copyright